Tautan-tautan Akses

Aktivis Iklim di Seluruh Dunia Kirim Pesan ke Kopenhagen


Para aktivis lingkungan berdemonstrasi di seluruh dunia untuk menuntut komitmen kuat masyarakat internasional pada konferensi perubahan iklim di Kopenhagen.

Puluhan ribu demonstran berpawai di ibukota Denmark, hari Sabtu. Mereka membawa spanduk dan menyerukan slogan-slogan. Beberapa dari mereka mengenakan kostum beruang kutub, spesies yang terancam akibat pemanasan global.

Di Australia, para penyelenggara demonstrasi memperkirakan sedikitnya 40 ribu orang berpartisipasi dalam acara Gerak Jalan Antipemanasan. Demonstrasi juga berlangsung di Beijing, Indonesia, Manila dan Taipei.

Para perunding internasional memasuki hari keenam pembicaraan, yang bertujuan untuk menyusun perjanjian global guna mengurangi emisi gas rumah kaca.

Rancangan awal perjanjian itu menghendaki emisi global dikurangi sedikitnya 50 persen pada tahun 2050, dengan negara-negara kaya sebagai pelopornya.

Salah satu isu penting yang perlu diselesaikan adalah cara membantu negara-negara berkembang mendanai upaya mengatasi perubahan iklim.


XS
SM
MD
LG