Tautan-tautan Akses

Jadwal Pembicaraan Nuklir Korea Utara Belum Ditetapkan


Utusan Amerika Stephen Bosworth mengatakan tidak ada rencana untuk melakukan lagi pembicaraan bilateral dengan Korea Utara mengenai dilanjutkannya perundingan perlucutan senjata nuklir.

Stephen Bosworth tiba di Beijing Jumat malam untuk memberi keterangan kepada para pejabat Tiongkok mengenai pertemuannya selama tiga hari dengan para pejabat Korea Utara, yang disebutnya sebagai praktis dan berterus-terang.

Tetapi, dia mengatakan bagaimana dan kapan perundingan enam negara yang macet mengenai perlucutan senjata nuklir Korea Utara akan dilanjutkan, masih belum ditetapkan.

Pernyataan yang dikeluarkan di Pyongyang oleh kantor berita resmi Korea Utara menggambarkan pembicaraan dengan Bosworth itu sebagai "terus-terang dan praktis." Kantor berita itu mengatakan kedua pihak tidak hanya memperkecil perbedaan pandangan tetapi juga memperdalam saling pengertian.

Setelah pertemuannya di Tiongkok, Bosworth kemudian akan pergi ke Jepang dan Rusia.

Ketiga negara itu adalah peserta pembicaraan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara yang juga mencakup kedua Korea dan Amerika Serikat.**


XS
SM
MD
LG