Tautan-tautan Akses

Jones: AS Masih Mau Berunding Dengan Iran Soal Program Nuklir yang Dipersengketakan


Penasihat Keamanan Nasional Amerika mengatakan, Amerika masih bersedia berunding dengan Iran soal program nuklirnya, tapi menambahkan bahwa prospeknya saat ini "tidak baik."

Jenderal Jim Jones mengatakan dalam wawancara dengan jaringan televisi CNN bahwa "waktu semakin singkat menjelang akhir tahun", ketika presiden Obama akan meninjau seluruh usaha diplomatik Amerika yang menyangkut program nuklir Iran.

Pejabat senior Amerika telah mengusulkan supaya Amerika mengusahakan sanksi-sanksi DK yang baru kalau Iran tidak mau bekerja sama dengan dunia internasional tentang program nuklirnya.

Amerika dan sejumlah negara sekutunya curiga bahwa Iran sedang berusaha membuat senjata nuklir, tapi pemimpin tertinggi Iran, ayatollah ali khamenei membalas bahwa tuduhan itu adalah dusta tentang program nuklir Iran dan hanya ditujukan untuk mengucilkan Iran.

Iran belum lama ini mengumumkan akan membangun 10 fasilitas pengayaan uranium yang baru. Kata Jenderal David Petreaus, kepala Komando Pusat Pasukan Amerika hari Minggu banyak pakar mempertanyakan kemampuan Iran untuk melakukan hal itu.



XS
SM
MD
LG