Tautan-tautan Akses

Pemerintah AS Setujui 13 Kelompok Sel Batang Embrio Pertama untuk Penelitian



Pemerintah Amerika telah memberi persetujuan terhadap 13 kelompok pertama dari sel batang dari embrio manusia untuk penelitian, sehingga memungkinkan para ilmuwan memulai penelitian mereka.

Direktur dari National Institute of Health, NIH, atau Lembaga Nasional Kesehatan, Dr. Francis Collins, mengatakan Rabu bahwa lembaga nya menyetujui 13 kelompok itu setelah diputuskan memenuhi pedoman etis bagi penggunaan nya. Salah satu persyaratan nya adalah bahwa sel-sel ini berasal dari embrio seorang donor yang mengetahui keberadaan opsi lain serta menyumbangkan nya secara sukarela.

Direktur NIH itu mengatakan, 96 kelompok sel batang embrio lainnya sedang dalam peninjauan dan lebih banyak persetujuan akan dikeluarkan dalam hari-hari mendatang.

Pengumuman ini berarti peneliti yang telah diberi dana sebesar lebih dari 20 juta dolar untuk penelitian sel batang bisa mulai memanfaatkan sel-sel ini segera.

Presiden Barack Obama menandatangani perintah eksekutif yang menghapus larangan pendanaan federal untuk penelitian sel batang embrio yang berasal dari masa pemerintahan Presiden Bush

Ilmuwan mengatakan sel-sel ini menjanjikan temuan pengobatan dan penyembuhan untuk penyakit-penyakit dan kondisi medis mulai dari diabetes sampai kelumpuhan. Tetapi pengecam penelitian ini mengatakan pemanfaatan embrio manusia untuk penelitian merupakan tindak tidak bermoral dan sama dengan penghancuran kehidupan seorang manusia.


XS
SM
MD
LG