Tautan-tautan Akses

Israel Tolak Resolusi PBB mengenai Perang Gaza


Israel menolak resolusi PBB yang mendukung sebuah laporan yang menuduh Israel dan kelompok militan Palestina Hamas melakukan kejahatan perang selama berlangsungnya konflik mereka di Gaza.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Jumat, Menteri Luar Negeri Israel mengatakan resolusi tersebut "sama sekali terlepas dari kenyataan di lapangan."

Hari Kamis, Majelis Umum PBB memutuskan untuk mendukung laporan Goldstone. Laporan tersebut diberi nama nama hakim Afrika Selatan Richard Goldstone yang memimpin misi pencari fakta PBB mengenai konflik tersebut.

Sementara laporan tersebut mengecam kedua belah pihak, laporan tersebut menuduh negara Yahudi itu menggunakan kekuatan militer yang tidak seimbang dalam membalas serangan roket oleh militan yang berbasis di Gaza.

Laporan itu juga menghendaki Israel dan Palestina agar melakukan investigasi internal mengenai tuduhan kejahatan perang tersebut.

Resolusi itu mendapat dukungan dari 114 negara, dengan dukungan kuat dari negara-negara Arab dan non-blok. 18 negara menentangnya, termasuk Amerika Serikat, sementara 44 negara abstain.***

XS
SM
MD
LG