Tautan-tautan Akses

Menlu Inggris Coba Cairkan Hubungan dengan Rusia


Menteri Luar Negeri Inggris David Milliband sedang berada di Moskow. Ia mencoba menghidupkan kembali hubungan negaranya dengan Rusia tiga tahun setelah terjadinya peracunan yang menimbulkan kematian di London terhadap seorang mantan mata-mata KGB yang hidup di Inggris.

Miliband, menteri luar negeri Inggris pertama yang mengunjungi Rusia dalam lima tahun, diharapkan menghabiskan waktunya dalam kunjungan dua hari ini berbicara dengan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Miliband mengatakan Inggris dan Rusia sering berselisih pendapat mengenai isu-isu besar, tetapi keduanya memiliki pandangan yang sama tentang berbagai tantangan global dan sebaiknya bekerja bersama-sama.

Pembunuhan tahun 2006 atas mantan mata-mata yang lalu menjadi pengamat Kremlin Alexander Litvinenko membekukan hubungan Inggris dan Rusia yang amsih belum mencair. Moskow menolak menyerahkan seorang mantan mata-mata KGB Andrei Lugovoi, yang pihak berwenang Inggris curigai telah membunuh Litvinenko dengan meracunnya dengan zat radioaktif tinggi.

XS
SM
MD
LG