Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Pembicaraan Nuklir dengan 6 Negara Kuat Pekan Lalu Positif


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan pembicaraan pekan lalu di Jenewa antara Iran dan 6 negara kuat dunia adalah positif dan satu langkah maju.

Dalam komentarnya hari Rabu, Presiden Ahmadinejad mengatakan Teheran melihat "tingkah lakuyang lebih baik" dari beberapa negara, dibandingkan dengan apa yang disaksikan negaranya dalam waktu lalu. Ia tidak memberi penjelasan mengenai negara yang dimaksud.

Ahmadinejad juga mengatakan Iran siap membeli uranium kadar rendah untuk digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dari negara manapun, termasuk Amerika Serikat. Ia mengatakan beberapa negara sudah menawarkan untuk menyediakan uranium bagi Iran.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Ian Kelly mengatakan hari Rabu, Amerika kemungkinan akan mempertimbangkan penjualan uranium kepada Iran dengan persetujuan badan nuklir PBB.

Kamis lalu, negara-negara kuat dunia di Jenewa mengumumkan rencana yang hendak mengharuskan Iran mengirim uranium ke luar negeri untuk diolah. Pengolahan oleh pihak ketiga dapat menjamin uranium itu diolah di bawah kadar yang diperlukan untuk senjata nuklir.

Iran setuju bertemu dengan negara-negara kuat dunia lagi tanggal 19 Oktober.

XS
SM
MD
LG