Tautan-tautan Akses

Obama Bahas Soal Afghanistan dengan Para Anggota Kongres AS


Presiden Barack Obama bertemu dengan sebuah kelompok bipartisan terdiri dari para pemimpin Kongres di Gedung Putih guna membahas strategi untuk Afghanistan, sementara ia sedang mempertimbangkan pengiriman lebih banyak pasukan kesana.

Seorang pejabat pemerintahan senior yang hadir dalam pertemuan hari Selasa itu mengatakan, presiden mengatakan kepada para pemimpin Kongres itu ia akan melakukan tinjauan yang cermat dan menyeluruh terhadap permasalahan Afghanistan, dan juga memperhitungkan mendesaknya kebutuhan akan sebuah kebijakan baru disana.

Pemimpin pihak mayoritas di Senat, Senator Demokrat Harry Reid, mengatakan para anggota Kongres memberi jaminan pada presiden bahwa ia akan memperoleh dukungan Kongres, apapun keputusan yang diambilnya. Tetapi pemimpin pihak minoritas di Senat, Senator Republik Mitch McConnell mengatakan belum tentu dukungan itu akan diberikan oleh pihak Republik.

McConnell mengatakan bahwa banyak anggota pihak oposisi akan mendukung apapun keputusan presiden, kalau rencana itu didukung oleh para panglima militer di lapangan.

Panglima Amerika di Afghanistan, Jendral Stanley McChrystal, mengatakan Amerika akan kalah perang di Afghanistan, kalau tidak mengirim lebih banyak pasukan. Ia menyerukan pengiriman tambahan pasukan sebanyak 30 sampai 40 ribu guna memerangi pemberontak Taliban.

XS
SM
MD
LG