Tautan-tautan Akses

Pemerintah Honduras Cabut Dekrit Keadaan Darurat Sipil


Pemerintahan sementara Honduras telah mencabut dekrit keadaan darurat yang telah diberlakukan selama seminggu untuk membatasi kebebasan sipil.

Presiden sementara Roberto Micheletti, hari Senin mengumumkan pencabutan tersebut dalam sebuah konferensi pers di Tegucigalpa. Ia mengatakan "dekrit itu sudah dicabut seluruhnya "

Sebelumnya, ia dikutip sebagai mengatakan dekrit itu tidak diperlukan karena " sudah ada kedamaian di negeri kami "

Micheletti ditekan dunia internasional untuk mengembalikan kebebasan sipil dan berunding untuk mengakhiri krisis politik yang berawal dari pengusiran terhadap presiden Manuel Zelaya melalui sebuah kudeta 28 Juni. Presiden sementara memberlakukan pembatasan tersebut ketika terjadi demonstrasi menyusul kembalinya Zelaya secara mengejutkan 21 September lalu. Zelaya masih berlindung di kedutaan besar Brazil.

Dekrit itu memberi jalan kepada pemerintahan sementara untuk menutup media-media pro Zelaya dan melarang pertemuan tanpa izin. Dekrit itu juga memungkinkan polisi melakukan penangkapan tanpa surat perintah.

Pembatasan-pembatasan darurat itu memicu gelombang kutukan internasional. Pendukung Zelaya menuntut dekrit itu dicabut sebelum kedua belah pihak berunding. Pencabutan dekrit itu terjadi dua hari sebelum kedatangan sebuah delegasi Organisasi Negara-Negara Benua Amerika di Honduras untuk membahas krisis politik di negeri itu.


XS
SM
MD
LG