Tautan-tautan Akses

Komisi Eropa: Perubahan Iklim Bukan Hanya Isu Lingkungan


Manuel Barroso mengatakan perubahan iklim tidak lagi hanya keprihatinan para aktivis lingkungan, tetapi bagian kebijakan luar negeri.

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan perubahan iklim tidak lagi hanya keprihatinan para aktivis lingkungan, tetapi sekarang juga bagian kebijakan luar negeri dan masalah keamanan.

Barroso mengatakan kepada Dewan Hubungan Luar Negeri di New York hari Senin bahwa orang tidak lagi hanya mendengar bagaimana buruknya pemanasan global dan sekarang menghendaki penyelesaian. Ia mengatakan semua negara maju perlu menjelaskan rencana mereka untuk mengurangi emisi gas penyebab kenaikan suhu dan menunjukkan kepemimpinan yang diperlukan.

Barroso mengatakan Uni Eropa, yang sudah menjanjikan pemotongan emisi 20 persen sebelum tahun 2020, bersedia memotong sampai 30 persen. Tetapi ia mengatakan ia sangat khawatir akan gagalnya pertemuan puncak pemanasan global di Kopenhagen, dan menunda tindakan selama bertahun-tahun.

Pertemuan Kopenhagen itu bertujuan untuk membuat perjanjian pemanasan global untuk menggantikan Kyoto Protocol, yang akan kadaluwarsa tahun 2012.

XS
SM
MD
LG