Tautan-tautan Akses

Amerika Peringati Serangan 11 September 2001


Warga Amerika memperingati serangan 11 September tahun 2001 di Amerika Serikat dengan upacara-upacara peringatan, kegiatan sukarela, dan bendera yang dinaikkan setengah tiang.

Presiden Amerika Barack Obama akan memimpin upacara di Tugu Peringatan Pentagon, dimana 184 orang tewas setelah pesawat penumpang yang dibajak menabrak sisi markas besar Departemen Pertahanan itu. Obama telah menyatakan 11 September hari "pelayanan dan peringatan" tahunan.

Para pengertik mengatakan membuat hari ulang-tahun itu hari pelayanan kemungkinan akan mengalihkan perhatian orang dari mengenang para korban serangan itu.

Wakil Presiden Joe Biden akan berada di Kota New York, berpidato pada upacara menghormati lebih dari 2.700 orang yang meninggal ketika pembajak menabrakkan dua pesawat penumpang ke dua pencakar langkit World Trade Center.

Mantan Menteri Luar Negeri Colin Powell akan memimpin upacara di sebuah tugu peringatan di Shanksville, Pennsylvania, dimana 40 orang penumpang dan awak pesawat ke-4 yang dibajak tewas ketika pesawat itu jatuh di sebuah ladang. Powell adalah Menteri Luar Negeri ketika serangan itu terjadi 8 tahun yang lalu.

Dan satu kelompok di New York yang merencanakan Tugu dan Museum Nasional 11 September hari Kamis mengundang orang untuk menyerahkan video, kisah pribadi, dan kenangan pribadi lain mengenai peristiwa itu. Kelompok tersebut memuatnya dalam situs internet dan berencana membuka sebuah museum bawah tanah di lokasi World Trade Center sebelum tahun 2013.


XS
SM
MD
LG