Tautan-tautan Akses

Pidato Obama Kenang Senator Kennedy sebagai Kolega, Penasehat dan Teman


Presiden Amerika, Barack Obama hari Sabtu menyampaikan elegi bagi mendiang Senator Ted Kennedy, menghormati salah seorang pembimbingnya bukan hanya tokoh politik, tetapi seorang yang tabah dan berperasaan kasih sayang.

Dalam elegi pada misa Katolik di Boston, negara bagian Massachusetts, Presiden Barack Obama mengatakan, Ted Kennedy adalah anggota Kongres terbesar pada zamannya karena senantiasa mengusahakan kompromi. Ia juga memuji semangat Kennedy yang tidak mengenal lentur dalam mengatasi rasa sakit dan dalam menerima musibah dan kelemahan pribadinya yang banyak dipublikasikan.

Ted Kennedy adalah kepala dari keluarga yang paling terkenal dalam politik Amerika dan pemakamannya dihadiri banyak elit politik Washington.

Mantan Presiden Jimmy Carter, Bill Clinton dan George W. Bush hadir dengan lebih dari 60 senator dan mantan Senator Amerika.

Jenazahnya diterbangkan ke Washington, D.C. dan kemudian dibawa dengan iring-iringan mobil melewati Gedung Kongres Amerika, sebelum menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Arlington.

Ia akan dikebumikan di sana dekat makam saudara-saudaranya yang tewas dibunuh, Presiden John F. Kennedy dan Senator Robert Kennedy. Edward Ted Kennedy meninggal dunia hari Selasa pada usia 77 tahun karena kanker otak.

XS
SM
MD
LG