Tautan-tautan Akses

Pemimpin Shiah Irak, Al-Hakim Meninggal Dunia


Pemimpin yang sakit-sakitan dari salah satu partai politik Shiah di Irak meninggal dunia disebuah rumah sakit di Teheran.

Kerabat dekat mengatakan imam Abdul Aziz al-Hakim sempat dirawat akibat kanker paru-paru stadium akhir sejak 2007, tetapi kesehatannya terus memburuk. Pria berusia 59 tahun itu adalah perokok berat.

Al Hakim memimpin Dewan Islam Irak Agung, salah satu partai Shiah terkuat di negara itu. Ia dikenal karena kedekatannya dengan Iran, yang ditempanya ketika ia dan sejumlah tokoh senior partai itu hidup di pengasingan semasa pemerintahan Saddam Hussein.

Partai itu kembali dari pengasingan setelah invasi yang dipimpin Amerika ke Irak, dan langsung menjadi salah satu kekuatan utama dalam pemerintahan Irak yang baru.

Hubungannya dengan Iran mengundang kritik dari beberapa pihak di Irak yang mempertanyakan kesetiaan keluarga Shiah pada Irak. Tetapi meski kalah dalam pemilu dari partai Perdana Menteri Nouri al Maliki Januari lalu, para pengamat mengatakan partai itu tetap menjadi kekuatan besar dan dapat menjadi pesaing tangguh dalam pemilu tahun depan.


XS
SM
MD
LG