Tautan-tautan Akses

Israel-Palestina Saling Menyalahkan Macetnya Perundingan Damai


Menyusul seruan Presiden Amerika Barack Obama agar perundingan perdamaian Timur Tengah yang macet dimulai kembali, Israel dan Palestina saling menyalahkan pihak lain.

Pemerintah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan siap kembali ke meja perundingan, akan tetapi pihak Palestina menetapkan prasyarat yang sama sekali tidak dapat diterima, yakni menghentikan sama sekali perluasan permukiman.

Para perunding Palestina menyatakan Israel wajib menghentikan kegiatan permukiman sesuai dengan rencana peta jalan perdamaian yang didukung negara-negara asing.

Presiden Obama hari Kamis mengeluarkan imbauan baru mengenai dimulainya kembali perundingan perdamaian, dan mendesak Israel, Palestina serta negara-negara Arab agar berupaya untuk memajukan proses perdamaian.

Sementara itu, polisi Israel hari Jumat menyatakan tidak akan melakukan penangkapan terkait dengan pemukulan terhadap penggembala Palestina di Tepi Barat.

Para pejabat menyatakan mustahil untuk mengenali para penyerang dalam rekaman video pada insiden bulan Juni 2008, yang menunjukkan para pemukim Israel bermasker memukuli seorang penggembala dan istrinya.


XS
SM
MD
LG