Tautan-tautan Akses

Sejumlah Ledakan di Baghdad Tewaskan 95 Orang


Kepolisian Irak mengatakan sejumlah ledakan didekat sasaran-sasaran utama di Baghdad menewaskan 95 orang dan melukai lebih dari 536 lainnya. Serangan itu menjadikan hari Rabu hari paling fatal di ibukota Irak ini sejak pasukan perang Amerika menarik diri dari kota-kota besar 30 Juni lalu.

Ledakan-ledakan itu terjadi dalam hitungan menit. Satu bom truk meledak di luar kantor Departemen Luar Negeri Irak, di kawasan perumahan, sehingga memenuhi daerah itu dengan puing-puing dan kaca pecah.

Bom truk lainnya meledak diluar kantor Departemen Keuangan, sedangkan polisi mengatakan serangan mortir atau roket menghancurkan gedung pemerintah lainnya serta kawasan-kawasan bisnis di ibukota.

Pasukan keamanan Irak mengatakan mereka menangkap 2 anggota al-Qaida hari Rabu setelah meringkus sebuah kendaraan yang dipenuhi bahan ledak.

Dalam wawancara dengan VOA siaran Kurdi, Wakil Menteri Dalam Negeri Irak Hussein Ali Kamal menyalahkan serangan itu kepada anggota al-Qaida dan sisa-sisa rezim Baathist milik mantan presiden Saddam Hussein yang telah meninggal.

Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki mengatakan pemerintah harus mengkaji ulang rencana dan metode keamanan mereka untuk menghadapi tantangan dari teroris. Dewan Keamanan PBB mengutuk pengeboman itu dan memastikan dukungannya untuk rakyat dan pemerintah Irak dan komitmennya untuk keamanan Irak.



XS
SM
MD
LG