Tautan-tautan Akses

Obama Bahas Perang Lawan Narkotika di Meksiko


Presiden Amerika Barack Obama meneruskan KTT pertamanya dengan para pemimpin Amerika Utara di Guadalajara, Mexico, dengan masalah flu babi, perdagangan, dan perang yang dilancarkan Mexico obat terlarang Mexico menjadi pokok pembicaraan utama dalam agenda.

Presiden Amerika, presiden Mexico, dan perdana menteri Kanada diperkirakan akan menyampaikan rencana terpadu dalam memerangi flu babi H1N1, meskipun terdapat kurang kesepahaman dalam isu-isu lainnya.

Presiden calderon mengatakan, Amerika Serikat hendaknya bergerak lebih cepat dengan mengirim 1,4 milyar dolar kepada Mexico yang dijanjikan Amerika sebagai bagian dari Prakarsa Merida untuk memerangi kejahatan terorganisasi. Seratus juta dolar telah tertunda karena beberapa anggota Kongres Amerika merasa prihatin atas tuduhan adanya pelanggaran HAM oleh tentara Mexico.

Dalam pembicaraan selama 45 menit dengan Presiden Mexico Felipe Calderon, Presiden Obama menyatakan dukungan kuat bagi Mexico dalam perang melawan kartel-kartel obat terlarang. Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan, kedua Presiden mengadakan pertemuan ramah tamah.

Kedua Presiden kemudian mengadakan santap malam dengan Perdana Menteri Canada Stephen Harper. Ketiga pemimpin tersebut akan bertemu lagi hari Senin ini sebelum Presiden Obama kembali ke Washington.

Tercantum jelas dalam agenda adalah upaya-upaya menghidupkan kembali ekonomi ketiga negara.


XS
SM
MD
LG