Tautan-tautan Akses

Pejabat Iran: Pemimpin Oposisi Harus Diadili


Seorang pejabat teras di Dewan Garda Revolusi Iran mengatakan, para tokoh oposisi harus diajukan ke pengadilan karena menggerakkan kerusuhan yang terjadi setelah pemilihan presiden yang disengketakan.

Yadollah Javani mengatakan, mantan Presiden Mohammed Khatami serta para kandidat presiden yang kalah, Mir Hossein Mousavi dan Mehdi Karroubi, adalah penggerak utama protes tersebut. Ia mengatakan, pemerintah harus memburu, menahan, mengadili dan menghukum mereka.

Pihak berwenang Iran telah menangkap ribuan orang dalam aksi penumpasan terhadap aktivis oposisi dan pengunjuk rasa, yang menyebut terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada pemilihan 12 Juni lalu sebagai suatu kecurangan.

Sedikitnya dua demonstran tewas dalam tahanan dan para pejabat kepolisian Iran mengakui bahwa para tahanan disiksa di penjara Kahrizak di luar kota Teheran.

Hari Minggu, kepala kepolisian Iran, Ismail Ahmadi Moghaddam mengatakan demonstran yang tewas di penjara Kahrizak tersebut terkena penyakit yang disebabkan virus, bukan karena dipukuli.


XS
SM
MD
LG