Tautan-tautan Akses

Turki dan Rusia Sepakat Kerjasama Tenaga Nuklir


Turki dan Rusia telah sepakat untuk bekerjasama dalam sektor tenaga nuklir. Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin hari Kamis di Ankara menandatangani perjanjian untuk membangun pembangkit tenaga nuklir pertama di Turki.

Kedua Salah satu isu terpenting adalah persetujuan Turki mendukung rencana Rusia membangun pipa gas South Stream, yang akan menyalurkan gas dari Asia Tengah melalui bawah laut Hitam ke Eropa, memintas Ukraina.

Rincian persetujuan itu tidak diperoleh, namun kedua pemimpin telah diduga akan menandatangani persetujuan pada prinsipnya yang memungkinkan pembangunan pipa bawah laut melalui perairan Turki.

PM Italia Silvio Berlusconi hadir dalam penandatanganab itu. Keraguan mengenai keandalan Rusia sebagai pemasok gas muncul bulan Januari setelah Rusia memutuskan pengiriman gas ke Eropa karena pertikaian pembayaran dengan Ukraina.

Pipa South Stream yang didukung Rusia akan bersaing dengan pipa Nabucco yang didukung Uni Eropa. Turki dan empat negara anggota Uni Eropa pekan lalu menandatangani perjanjian untuk membangun pipa Nabucco.


XS
SM
MD
LG