Tautan-tautan Akses

Korut: Pyongyang Tidak Turut Lagi Dalam Perundingan Perlucutan Senjata


Untuk kedua kalinya dalam beberapa hari ini, seorang pejabat Korea Utara telah melenyapkan harapan bahwa Pyongyang akan kembali ke pembicaraan perlucutan senjata nuklir 6 negara.

Dutabesar Korea Utara untuk PBB mengatakan negaranya telah menegaskan bahwa pembicaraan tersebut sudah tidak akan ada lagi, dan bahwa Pyongyang tidak akan pernah lagi turut dalam proses tersebut. Dutabesar Sin Son Ho mengatakan Korea Utara ditipu oleh pihak-pihak lain dalam pembicaraan itu, yang katanya tidak bertindak sebagaimana telah dijanjikan.

Utusan Korea Utara itu mengatakan demikian kepada wartawan di kantor perwakilan negaranya di PBB, New York.

Pembicaraan 6 pihak yang macet sebelumnya tahun ini dimaksudkan untuk mencapai persetujuan mengenai perangsang ekonomi dan diplomatik yang akan diterima Korea Utara sekiranya negara itu berjanji mau membongkar kepala peluru nuklirnya dan menutup reaktor-reaktornya dan fasilitas nuklir lainnya.

Kamis baru lalu, jurubicara Korea Utara Ri Hung Sik menolak perangsang itu sebagai omong-kosong dan menyatakan pembicaraan 6 pihak telah mati. Ia mengatakan demikian setelah Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan Amerika Serikat dan negara-negara lain yang terlibat dalam perundingan masih bersedia untuk menawarkan insentif.

XS
SM
MD
LG