Tautan-tautan Akses

Taliban: Panglima Lembah Swat Masih Hidup


Taliban Pakistan mengatakan, panglima kelompok itu di Lembah Swat, Maulana Fazlullah masih hidup, dan menyangkal laporan bahwa ia cedera. Sebelumnya bulan ini, tentara Pakistan mengatakan, Fazlullah cedera akibat serangan udara dalam operasi militer di wilayah Pakistan barat laut.

Jurubicara Taliban Muslim Khan mengatakan kepada kantor-kantor berita hari Kamis, Fazlullah hidup dan tidak kurang suatu apa. Ia juga mengatakan, semua pemimpin Taliban di Swat sehat, tetapi bersembunyi.

Tentara Pakistan melancarkan serangan bulan April setelah militan melanggar perjanjian perdamaian dan masuk hingga wilayah 100 kilometer dari Islamabad.

Fazlullah dianggap sebagai dalang puluhan pengeboman bunuh diri dan serangan gerilya terhadap sasaran sipil dan pemerintah. Fazlullah dan pengikutnya telah dua tahun berusaha memberlakukan Syariat Islam di Swat. Pakistan menawarkan hadiah enam milyar rupiah bagi informasi yang membuahkan tertangkapnya Fazlullah.

Sementara itu, para pejabat Pakistan mengatakan, lebih dari 350 ribu dari hampir dua juta penduduk yang mengungsi akibat pertempuran di Pakistan barat laut telah pulang ke rumah mereka.

XS
SM
MD
LG