Tautan-tautan Akses

Menlu AS Berkunjung di India


Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton sedang berkunjung di Mumbai, India, dimana dia hari Sabtu akan menghadiri upacara mengenang 166 orang yang tewas dalam serangan teroris disana bulan November tahun lalu.

Sebelumnya, dalam artikel yang dimuat suratkabar The Times of India, Clinton mengatakan Amerika Serikat dan India, yang sama-sama mengalami serangan teroris yang dahsyat, hendaknya meningkatkan kerjasama anti-terorisme dan mendorong Pakistan sementara negara itu menghadapi tantangan kekerasan ekstrimisme.

Clinton mendarat di Mumbai Jumat malam untuk memulai kunjungan pertamanya di India sebagai diplomat tertinggi Amerika. Kunjungannya di Mumbai, pusat perniagaan India, akan mencakup pertemuan dengan para pimpinan perusahaan India dan kunjungan ke sebuah organisasi perempuan.

Hari Minggu, dia akan pergi ke ibukota New Delhi untuk berbicara dengan para pejabat tinggi India, termasuk Perdana Menteri Manmohan Singh.

Para pemimpin itu akan membicarakan cara membina kemitraan strategis yang telah dimulai dengan perjanjian kerjasama nuklir tahun 2005. Clinton mengatakan pertemuan itu akan meliput kebijakan luar negeri, kesehatan, pendidikan, ekonomi, perubahan iklim, dan energi.

XS
SM
MD
LG