Tautan-tautan Akses

Paus Desak Honduras agar Usahakan Demokrasi dan Perdamaian


Paus Benediktus menyerukan penyelenggaraan dialog damai di Honduras guna menjamin keberlangsungan kehidupan demokratik disana, tiga minggu setelah terjadi kudeta terhadap Presiden Manuel Zelaya.

Dalam pemberkahan Minggu di alun-alun Santo Petrus, Paus mengatakan ia mengikuti peristiwa di negara yang mayoritas penduduknya Katolik itu dan memendam keprihatinan yang mendalam.

Pemerintahan sementara di Honduras menuduh Zelaya secara ilegal berusaha mengubah konstitusi guna memperpanjang masa jabatannya. Isu ini telah memecah negara itu, dan para pendukung kedua belah fihak melakukan demonstrasi masing-masing. Seorang pengunjuk rasa remaja tewas minggu lalu.

Presiden Zelaya yang digulingkan itu melakukan perjalanan dari Republik Dominika ke Washington hari Sabtu. Ia membahas krisis politik itu dengan Ketua Organisasi Negara-Negara Amerika dan pejabat teras Amerika untuk Amerika Latin.

Jumat, penengah yang mewakili Zelaya dan presiden sementara Honduras Roberto Micheletti bertemu di Kosta Rika, tetapi pembicaraan itu berakhir tanpa tercapai penyelesaian.



XS
SM
MD
LG