Tautan-tautan Akses

Presiden Tersingkir Honduras Berkunjung ke Washington


Presiden tersingkir Honduras Manuel Zelaya berkunjung ke Washington hari Sabtu untuk membahas krisis politik di negaranya dengan Ketua Organisasi Negara-Negara Amerika, Jose Miguel Insulza. Zelaya juga bertemu dengan pehabat tertinggi urusan Amerika Latin, Thomas Shannon, setelah terbang ke Amerika dari Republik Dominika.

Diskusi dilakukan sehari setelah para mediator yang mewakili Zelaya dan presiden sementara Honduras Roberto Miceheltti bertemu di Costa Rica dalam upaya menembus kemacetan politik Honduras. Perundingan berakhir tanpa penyelesaian. Presiden Costa Rica Oscar Arias mengatakan, perundingan akan dibuka lagi dalam waktu dekat, tetapi tidak menyebutkan tanggal pasti.

Arias yang sepakat menjadi mediator hari Sabtu melakukan pertemuan terpisah dengan Zelaya dan Miceheletti. Namun seusai pertemuan itu, Zelaya dan Micheletti menyatakan hak penuh mereka untuk memimpin Honduras.

Sementara itu, ketua Majelis Umum PBB, Miguel D'Escoto Brockmann mengemukakan, ia yakin bahwa sebuah solusi akan segera dicapai dalam beberapa hari ini atau dalam sepekan ini.

Dalam kesepakatan apapun yang akan dicapai, menurut D'Escoto, Zelaya tetap harus diizinkan menyelesaikan masa jabatannya, yang akan berakhir bulan Januari tahun depan.


XS
SM
MD
LG