Tautan-tautan Akses

Obama-Medvedev Capai Perjanjian Pengurangan Senjata


Amerika dan Russia telah mencapai kesepakatan yang mengikat kedua negara untuk mengurangi tajam jumlah senjata strategis dan wahana pelemparnya.

Kesepakatan itu ditandatangani Presiden Barack Obama dan Presiden Dmitri Medvedev dalam pembicaraan di Moskow, dan menugaskan delegasi kedua pihak merampungkan perjanjian baru untuk menggantikan Perjanjian Pembatasan Senjata Strategis yang ada dan kedaluwarsa bulan Desember. Perjanjian itu menetapkan bahwa kepala peluru nuklir dikurangi dari sekitar 2200 ke 1500 sampai 1675 sedang wahana pelemparnya dari 1600 ke sekitar 500 sampai 1100.

Presiden Medvedev mengatakan pembicaraan mencakup semua isu dalam agenda termasuk berbagai masalah dari masa lampau. Ia menggambarkan pembicaraan bermanfaat, terbuka dan jujur.

Presiden Obama menekankan pentingnya mengurangi senjata strategis dan mengatakan bahwa sebagai dua negara nuklir utama Amerika dan Russia mesti menjadi tauladan. Kedua presiden juga mengumumkan kemungkinan bekerjasama dalam sistem pertahanan anti misil.

XS
SM
MD
LG