Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Protes Penahanan Pegawai Kedutaan Inggris di Teheran


Negara-negara Uni Eropa telah memanggil para duta besar Iran untuk memprotes penahanan beberapa pegawai setempat Kedutaan Inggris di Teheran. Pemanggilan itu disepakati para anggota dalam pertemuan di Brussels hari Jumat. Dan Uni Eropa tengah mempertimbangkan hendak mengenakan tindakan tambahan termasuk tidak memberi visa bagi sementara pejabat Iran.

Ketua Dewan Wali Iran yang kuat itu menjelaskan sebagian dari pegawai Kedutaan Inggris itu akan diadili karena dikatakan pegang peranan dalam demonstrasi purna pemilihan presiden. Dalam khotbahnya pada sembahyang Jumat, Ayatollah Ahmad Jannati mengatakan sebagian dari yang ditahan itu mengaku ikut menghasut terjadi keresahan.

Menteri luar negeri Inggris, David Miliband menegaskan pegawai Kedutaan itu tidak melakukan sesuatu yang melanggar hukum, dan ia bermaksud membicarakan hal ini dengan menteri luar negeri Iran, Manoucher Mottaki.

Ada sembilan pegawai itu yang ditangkap hari Jumat. Sebagian sudah dibebaskan tetapi pemerintah Inggris mengatakan ada dua yang masih ditahan.


XS
SM
MD
LG