Tautan-tautan Akses

G8 Kecam Ujicoba Nuklir Korea Utara


Para Menteri Luar Negeri dari kelompok delapan negara Industri telah mengutuk uji coba nuklir dan misil Korea Utara dan menyerukan agar negara komunis itu kembali ke meja perundingan.

Dalam penyataan dalam pertemuan di Trieste (Italia) Jumat ini, para mentri itu( dari Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Rusia Amerika Serikat dan Jepang) mengutuk uji coba nuklir Korea Utara pada bulan Mei yang melanggarkan resolusi PBB dan peluncuran roket pada bulan April yang mereka sebut ancaman bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.

Korea Utara telah bereaksi dengan menentang keputusan Dewan Kemanan PBB North Korea sebelumnya bulan ini yang menetapkan sanksi baru. Negara itu mengancam akan membangun lebih banyak senjata nuklir dan laporan dari kawasan menyatakan Korea Utara mulai bersiap-siap menguji misil jarak pendek atau menengah.

Wakil mentri pertahanan Amerika Michele Flournoy adan mentri pertahanan Korea Selatan Lee Sang-Hee bertemu di Seoul Jumat ini untuk membicarakan ancaman nuklir dan misil Korea Utara.


XS
SM
MD
LG