Tautan-tautan Akses

Iran Jadi Pembicaraan Utama dalam Pertemuan G-8


Iran telah muncul sebagai masalah utama dalam pertemuan para menteri luar negeri Kelompok Delapan atau G-8 negara-negara industri di Italia.

Para menteri kabarnya sedang merundingkan sikap bersama yang akan menunjukkan keprihatinan mereka akan kekerasan purna-pemilu tanpa mengucilkan Iran.

Seorang diplomat G-8 memberitahu kantor berita Reuters bahwa para menteri berencana untuk mengeluarkan pernyataan hari Jumat yang mengecam kekerasan itu dan mendesak Iran agar menghormati hak azasi, termasuk kebebasan mengutarakan pendapat. Menurut diplomat itu, pernyataan tersebut juga akan mengatakan krisis pemilu Iran hendaknya diselesaikan melalui dialog demokratis.

Iran menolak undangan Italia untuk menghadiri pertemuan G-8 itu sebagai tamu khusus. Sebagian negara-negara Barat telah mengutuk reaksi kekerasan Iran terhadap demonstran yang mengklaim bahwa pemilihan presiden negara itu telah dicurangi.

Tetapi, Rusia, sekutu tradisional Iran, menyebut pengucilan pendekatan yang salah.

Masalah-masalah lain yang diperkirakan akan dibicarakan dalam pertemuan 3 hari di Trieste itu termasuk Korea Utara dan perdamaian Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG