Tautan-tautan Akses

Gates: AS Siap Hadapi Kemungkinan Serangan Rudal Korut ke Hawaii


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates hari Kamis mengatakan Amerika telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi wilayahnya setelah adanya laporan bahwa Korea Utara bersiap-siap melakukan peluncuran rudal jarak jauh ke arah negara bagian Hawaii.

Surat kabar Jepang Yomiuri sebelumnya menyatakan Korea Utara bersiap-sipa meluncurkan rudal balistik jarak jauh ke Hawaii pada awal Juli. Surat kabar itu mengutip Kementerian Pertahanan Jepang yang mengatakan rudal Taepodong-2 atau versinya yang sudah ditingkatkan, telah diangkut dari dekat Pyongyang ke tempat peluncuran Tongchang tanggal 30 Mei.

Gates mengatakan kepada para wartawan dia telah menyetujui penggelaran rudal sergap dan radar di Hawaii sebagai tindakan berjaga-jaga bila serangan Korea Utara itu benar-benar terjadi. Gates mengatakan Amerika dengan cermat mengamati persiapan peluncuran rudal Korea Utara itu.

Sementara itu Departemen Keuangan Amerika memperingatkan bank-bank Amerika bahwa Korea Utara kemungkinan akan menghindari sanksi-sanksi keuangan internasional dengan cara menggunakan berbagai praktek tipu daya.


XS
SM
MD
LG