Tautan-tautan Akses

Negara Kunci PBB Setujui Sanksi Baru Korut


Tujuh negara penting di PBB menyetujui rancangan resolusi Dewan Keamanan mengenai sanksi baru yang lebih berat termasuk embargo senjata total terhadap Korea Utara. Salinan teks rancangan resolusi yang diperoleh wartawan itu mengutuk ujicoba nuklir Korea Utara sebagai pelanggaran atas resolusi PBB sebelumnya dan mengenakan sanksi sanksi tambahan.

Sanksi itu akan mencakup embargo senjata yang lebih luas, memperketat sanksi keuangan dan mendorong negara negara menerapkan pengawasan lebih ketat terhadap kapal-kapal Korea Utara. Tiongkok dikabarkan menolak ketentuan mengenai pemeriksaan kapal kapal barang Korea Utara.

Teks rancangan resolusi itu merupakan hasil negosisasi selama berminggu-minggu antara lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jepang dan Korea Selatan. Duta besar Rusia untuk PBB Vitali Curkin mengatakan rancangan resolusi itu dibuat dengan seksama agar berimbang.

Tujuh negara itu menyerahkan rancangan tersebut untuk dirundingkan oleh 15 anggota Dewan Keamanan. Dewan yang diperkirakan akan mengadakan pemungutan suara resolusi itu akhir minggu ini.

Sesudah pertemuan, duta besar Amerika untuk PBB Susan Rice mengatakan rancangan resolusi itu akan memberikan tanggapan yang kredibel dan keras terhadap ujicoba nuklir Korea Utara.

XS
SM
MD
LG