Tautan-tautan Akses

Direktur CIA Desak Hakim agar Tidak Rilis Dokumen Penyiksaan Tahanan


Dinas Intelijen Amerika(CIA) mengatakan kepada seorang hakim federal Amerika bahwa merilis dokumen mengenai interogasi CIA terhadap orang-orang yang dicurigai sebagai teroris dalam masa pemerintahan mantan Presiden George W. Bush akan membahayakan keamanan nasional.

Dalam surat-surat yang dikirimkan kepada hakim tersebut di New York, Direktur CIA Leon Panetta mengatakan dokumen tersebut akan membahayakan keamanan nasional dengan memberi informasi kepada musuh-musuh Amerika mengenai apa yang diketahui Amerika tentang mereka dan cara informasi tersebut diperoleh. Panetta mengatakan dokumen tersebut akan memberi jaringan teroris al-Qaida "amunisi siap pakai" untuk merekrut anggota baru.

Uni Kebebasan Sipil Amerika telah mengajukan gugatan hukum yang mengupayakan agar dokumen tersebut dirilis, yang memberi rincian atas 92 interogasi CIA terhadap para tahanan, yang direkam dalam video, tahun 2002.

Dinas Intelijen Amerika mengakui telah memusnahkan kaset-kaset video tersebut tahun 2005. Kaset-kaset tersebut diyakini memperlihatkan penggunaan cara interogasi yang keras, termasuk waterboarding, sebuah cara interogasi yang membuat seseorang merasa sedang tenggelam.


XS
SM
MD
LG