Tautan-tautan Akses

Capres Iran Karroubi Tolak Seruan Mundur Dari Kampanye


Kandidat Presiden Iran yang reformis, Mehdi Karroubi menolak seruan oleh beberapa reformis agar menarik diri dari pemilihan Jumat guna mencegah pembagian suara golongan moderat.

Karroubi mengatakan dalam konferensi pers di Teheran Selasa, bahwa ia akan bertahan dalam kampanye, meskipun statusnya sebagai orang luar di antara ke empat kandidat.

Beberapa reformis menghendai dirinya undur guna melapangkan jalan bagi kandidat lainnya, Mir Hossein Mousavi, yang dianggap sebagai penentang utama dari penguasa konservatif Presiden Mahmoud Ahamdinejad.

Dalam perkembangan lain, mantan presiden Iran Akbar Hashemi Rafsanjani mengecam Ahmadinejad karena menuduh keluara Rafsanjani melakukan korupsi. Presiden Iran itu membuat tuduhan tersebut dalam peredebatan televisi dengan Mousavi pada hari Rabu.

Rafsanjani menulis sebuah surat kepada Pemimpin Agung Iran Ali Khamenei yang menyerukan tuduhan Ahmadinejad itu tidak berdasar. Mantan presiden mohon agar Ayatollah Khamenei mengambil tindakan guna menjaga agar pemilihan berlangsung secara bersih.


XS
SM
MD
LG