Tautan-tautan Akses

Obama Pilih Calonnya Untuk Mahkamah Agung


Calon hakim mahkamah agung Amerika yang baru Sonia Sotomayor menyebut pencalonannnya "kehormatan yang paling merendahkan hatinya" dalam kehidupannya.

Presiden Amerika Barack Obama mengumumkan hari Selasa bahwa Sotomayor adalah calonnya untuk menggantikan Hakim Agung David Souther, yang akan pensiun bulan depan setelah 19 tahun sebagai hakim Mahkamah Agung.

Sotomayor, putri orang-tua yang berasal dari Puerto Rico. Sotomayor sekarang hakim mahkamah banding Amerika di bagian timur laut Amerika Serikat.

Pemimpin golongan Republik dalam Senat Mitch McConnell mengatakan partai minoritas itu akan memeriksa catatan karya Sotomayor sebelum pemungutan suara pengukuhannya, untuk memastikan pandangan pribadinya tidak menghalanginya membuat keputusan yang adil.

Ketua Komisi Kehakiman Senat, yang melakukan sidang pengukuhan, memuji Sotomayor atas apa yang disebutnya prestasi "teladan." Patrick Leahy dari partai Demokrat mengatakan ia berharap para senator akan bekerjasama dan memperlakukan calon dengan adil dalam proses pengukuhannya.

Kalau dikukuhkan, Sotomayor akan menjadi salah seorang dari 3 perempuan yang menjabat Hakim Agung dan yang pertama dari keturunan Amerika Latin.

XS
SM
MD
LG