Tautan-tautan Akses

Tiongkok Peringati Ulang Tahun Gempa Bumi yang Banyak Telan Korban


Presiden Tiongkok Hu Jintao dan para pemimpin lain berkumpul di Tiongkok baratdaya hari ini untuk mengenang para korban yang tewas dalam gempa bumi tahun lalu.

Tepat jam 2:28 siang, saat gempa bumi itu mulai terjadi setahun yang lalu, mereka mengheningkan cipta di kota Beichuan yang hancur akibat bencana itu.

Gempa berkekuatan 7,9 itu, yang meruntuhkan rumah-rumah di banyak desa dan menghancurkan beberapa bagian propinsi Sichuan, Tiongkok baratdaya, dan dua propinsi lain yang berdekatan, menyebabkan 80 ribu orang tewas atau hilang dan 5 juta orang kehilangan tempat tinggal.

Ribuan orang menghadiri peringatan ulang-tahun bencana gempa bumi itu. Keluarga-keluarga para korban gempa mengunjungi makam-makam para korban dan lokasi gedung-gedung dan sekolah-sekolah yang hancur.

Di hadapan Sekolah Menengah Pertama Beichuan, dimana banyak anak-anak tewas, orang-orang menumpuk bunga, dan menyalakan lilin dan membakar kemenyan.
Tiongkok mendapat pujian luas atas tanggapannya terhadap gempa bumi itu, tetapi kemarahan masyarakat atas apa yang dianggap sebagai bangunan sekolah yang buruk terus ada sampai sekarang.

XS
SM
MD
LG