Tautan-tautan Akses

4 Negara Tandatangani Rencana Pipa Saluran Uni Eropa


Uni Eropa telah menandatangani sebuah perjanjian dengn empat negara mengenai rencana pembangunan jaringan pipa saluran gas dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan Uni Eropa pada pasokan energi dari Rusia.

Pejabat-pejabat tinggi Uni Eropa dan para pemimpin dari Azerbaijan, Georgia, Turki dan Mesir sert negara-negara yang akan dilewati jaringan pipa itu, yakni Georgia dan Turki, menandatangani perjanjian itu hari Jumat dalam sebuah KTT di Praha.

Para pejabat dari Kazakhstan, Turkmenistan dan Uzbekistan juga hadir dalam pertemuan itu, tapi tidak ikut menandatangani dokumen, sementara utusan dari Irak yang sebelumnya diharapkan kehadirannya di Praha, tidak hadir.

Perjanjian itu membuka jalan bagi pembangunan jaringan pipa saluran gas melalui apa yang disebut sebagai "Koridor Selatan" dari Asia tengah dan Timur Tengah ke Eropa. Perjanjian itu meminta pemerintah-pemerintah untuk memberikan komitmen perjanjian pembangunan jangka panjang serta untuk menyelesaikan pertikaian yang dapat menunda proyek tersebut.

Presiden Uni Eropa Jose Manuel Barroso memuji perjanjian itu. Dia mengatakan kepada para wartawan bahwa perjanjian itu akan memberikan kerangka kerja secara hukum, finansial dan politik bagi proyek itu.


XS
SM
MD
LG