Tautan-tautan Akses

Dunia Berpacu untuk Bendung Wabah Flu


Negara-negara di seluruh dunia berpacu untuk menghindari pandemic dan hysteria global, sementara semakin banyak kasus flu babi yang muncul mulai dari Canada hingga Selandia Baru.

Organisasi Kesehatan Sedunia WHO telah menyatakan virus itu sebagai "situasi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi keprihatinan internasional" dan berpotensi mewabah.

Para pejabat kesehatan Mexico, pusat penyebaran wabah, menyatakan, flu babi diyakini telah menyebabkan 103 orang tewas dan lebih dari 1.600 lainnya sakit.

Hari Senin, Komisi Eropa meminta digelar sidang darurat para menteri kesehatan Uni Eropa guna membahas kemungkinan ancaman akibat merebaknya flu babi.

Negara-negara di Asia mulai memeriksa para penumpang pesawat udara.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Janet Napolitano telah menyatakan situasi darurat kesehatan masyarakat, seraya menyatakan langkah tersebut akan memungkinkan pihak berwenang mengeluarkan dana federal dan cadangan obat-obatan antivirus. Napolitano mengatakan Amerika akan memeriksa para pengunjung yang baru tiba dari wilayah-wilayah terinfeksi flu babi.

Penjabat Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Dr. Richard Besser, mengatakan, hingga kini telah ditemukan 20 kasus flu babi di lima negara bagian di Amerika. Para pejabat memperkirakan akan ditemukan lebih banyak kasus pada hari-hari mendatang.


XS
SM
MD
LG