Tautan-tautan Akses

PBB: Hanya Dialog yang dapat Selesaikan Krisis Korut


Direktur badan pengawas nuklir PBB hari Senin mengatakan hanya dialog yang dapat menyelesaikan krisis nuklir Korea Utara.

Saat berbicara di Beijing, Mohamed ElBaradei, direktur Badan Energi Atom Internasional IAEA, mengatakan, ia berharap pembicaraan enam pihak akan dimulai lagi dan IAEA diizinkan kembali memasuki Korea Utara.

Ketika ditanya seberapa cepat Korea Utara akan mengoperasikan kembali fasilitas nuklirnya, ElBaradei menjawab mungkin hanya dalam hitungan bulan.

Korea Utara pekan lalu bertekad akan memulai kembali program nuklirnya dan keluar dari perundingan enam negara mengenai perlucutan senjata nuklirnya. Pasalnya, Dewan Keamanan PBB mengecam peluncuran roketnya pada 5 April lalu sebagai pelanggaran terhadap resolusi yang melarang negara itu melakukan kegiatan terkait misil balistiknya.
Pyongyang mengusir para pengawas IAEA keluar dari negara itu pekan lalu, setelah memerintahkan mereka agar membongkar segel dan kamera-kamera pengawas di fasilitas nulir Korea Utara di Yongbyon.

XS
SM
MD
LG