Tautan-tautan Akses

Korsel Kritik Korut karena Kasus Penahanan


Seoul mengritik Korea Utara hari Senin karena menolak memberikan akses bagi Korea Selatan untuk mengadakan kontak dengan seorang yang ditahan. Korea Selatan mengancam akan membalas kecuali bila Pyongyang berubah sikap.

Korea Utara menahan seorang pegawai pria tanggal 30 Maret di kompleks industri Kaesong yang dibiayai Seoul yang berada di wilayah Korea Utara tidak jauh dari perbatasan kedua negara. Pria itu dituduh mengritik pemerintah Pyongyang dan berusaha membujuk seorang perempuan setempat untuk membelot. Korea Utara telah menolak wakil dari Seoul mengunjungi pria itu.

Seorang juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Lee Jong-joo) mengtakan kepada para wartawan hari Senin bahwa perilaku Korea Utara itu tidak adil dan tidak manusiawi.

Ia mengatakan Seoul menganggap situasi itu sangat serius dan mempertimbangkan untuk mengambil tindakan terhadap Korea Utara. Ia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Korea Utara menahan dua wartawan Amerika yang sedang menunggu pemeriksaan pengadilan setelah dituduh memasuki negara itu secara gelap.

XS
SM
MD
LG