Tautan-tautan Akses

Obama Tidak akan Kabulkan Pengunduran Diri Menkeu Geithner


Presiden Amerika Barack Obama mengulangi dukungannya bagi menteri keuangannya yang sedang terpojok, dengan mengatakan ia akan menolak pengunduran diri Timothy Geithner jika Geithner mengajukannya.

CBS News menyatakan Obama mengemukakan komentar tersebut dalam suatu wawancara yang akan ditayangkan dalam acara "60 Minutes" hari Minggu.

Menurut kutipan yang dimuat di situs web CBS, Obama berkelakar bahwa ia akan mengatakan kepada Geithner, "Maaf, sobat, Anda masih memegang jabatan itu."

Geithner dikritik atas penanganannya mengenai dana talangan pemerintah federal terhadap sejumlah lembaga keuangan Amerika, dan bonus yang diberikan kepada para eksekutif perusahaan-perusahaan tersebut.

Dalam pidato mingguannya hari Sabtu, Obama mengatakan rencana anggarannya yang berjumlah 3,6 triliun dolar merupakan cetak biru bagi masa depan negara. Ia mengatakan anggaran itu ditujukan bagi investasi di bidang energi, pendidikan dan layanan kesehatan, yang akan mengarah pada kemakmuran yang langgeng.

Sementara itu dalam pidato Partai Republik, Gubernur Mississippi Haley Barbour mengritik anggaran Obama yang disebutnya sebagai pengeluaran, pajak dan utang yang terlalu banyak.

XS
SM
MD
LG