Tautan-tautan Akses

Batas Masa Jabatan Presiden di Azerbaijan Dihapus


Pejabat-pejabat Azerbaijan mengatakan jumlah luar biasa pemilih menyetujui amendemen konstitusi menghapus batas masa jabatan presiden. Referendum hari Rabu itu diboikot oleh oposisi.

Komisi Pemilihan Pusat melaporkan, referendum diikuti 71% pemilih. Dan sekitar 92 persen dari mereka setuju batas waktu jabatan presiden dihapus. Pengecam mengatakan hasil itu dengan tegas menjernihkan jalan bagi Presiden Ilham Aliyev untuk memperpanjang sampai waktu tidak ditentukan masa jabatannya.

Delegasi Dewan Eropa memuji jalannya pemungutan suara tetapi menganjurkan negara itu melakukan reformasi politik lebih jauh. Pemimpin Partai Musavat yang beroposisi, Isa Gambar mengatakan pengamat dari partai ini memantau terjadi ribuan pelanggaran dalam pemungutan suara.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika di Washington mengemukakan kecemasan Amerika melihat cepatnya referandum itu dilakukan, larangan terhadap media dan berkumpul sehingga membatasi perdebatan publik. Jurubicara juga mengatakan adanya campurtangan polisi serta petugas selama kampanye dan pada hari pemungutan suara.

XS
SM
MD
LG