Tautan-tautan Akses

Pakistan Buka Kembali Jalur Perbekalan Militer ke Afganistan


Pakistan telah membuka kembali jalur perbekalan militer bagi pasukan Amerika dan NATO di Afganistan sesudah melancarkan ofensif terhadap kaum militant dekat Khyber Pass. Pengangkutan dimulai kembali Jumat ini di jalan yang menghubungkan Pakistan baratlaut dengan Afganistan.

Khyber Pass ditutup tiga hari saat pasukan keamanan Pakistan menyerang kaum militan yang berusaha mengganggu pengiriman pasokan logistik di jalan itu. Pasukan Amerika dan NATO memperoleh 75 persen perbekalan mereka melalui jalan yang melintasi Pakistan.

Juga di baratlaut, para pejabat Pakistan mengatakan apa yang dicurigai sebagai serangan rudal Amerika menewaskan paling kurang tiga anggota kaum militant.

Menurut para pejabat rudal-rudal itu menghancurkan sebuah sekolah yang sudah tidak digunakan di Waziristan Selatan, di kawasan yang dikenal sebagai basis panglima Taliban Pakistan, Baitullah Mehsud.

Pakistan telah menuduh Amerika menggunakan pesawat tidak berawak untuk melancarkan lebih dari 30 serangan atas yang dicurigai sebagai persembunyian teroris dalam setahun terakhir. Washington tidak pernah mengukuhkan ataupun membantah serangan itu.

XS
SM
MD
LG