Tautan-tautan Akses

Kuba Peringati Ulang-Tahun Ke-50 Revolusi Fidel Castro


Kuba memperingati ulang-tahun ke-50 revolusinya yang membawa Fidel Castro ke tampuk kekuasaan, dan mengubah pulau itu 145 kilometer sebelah selatan pantai Amerika Serikat – menjadi negara komunis.

Presiden Kuba Raul Castro memimpin upacara resmi di Santiago de Cuba, kota dari mana abangnya memproklamasikan kemenangan ketika diktator Fulgencio Batista melarikan diri pada hari Tahun Baru tahun 1959.

Raul Castro, yang mengenakan seragam hijau militer, menyebut negara itu akan menghadapi masa ekonomi yang sulit dihadapan kira-kira 3 ribu orang tamu yang diundang. Ia memperkirakan revolusi akan berlangsung 50 tahun lagi.

Fidel Castro yang sedang sakit-sakitan tidak hadir. Tetapi, ia memuat surat ucapan selamat kepada rakyat Kuba dalam suratkabar pemerintah Granma. Fidel Castro belum kelihatan oleh umum selama lebih dari dua tahun dan rincian penyakitnya adalah rahasia negara.

Para pemimpin Tiongkok, Rusia, dan para pemimpin dari sesama negara-negara Amerika Latin seperti Bolivia, Nicaragua, dan Venezuela mengirim ucapan selamat kepada Kuba hari kamis.

XS
SM
MD
LG