Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Sepakat Buka Kembali Pembicaraan dengan Rusia


Para menteri luar negeri Uni Eropa telah sepakat membuka kembali pembicaraan kemitraan dengan Rusia yang dibekukan menyusul aksi militer Rusia ke Georgia. Komisaris Hubungan Luar Negeri Uni Eropa, Benita Ferrero-Waldner mengatakan kesepakatan itu dicapai dalam sidang di Brussels.

Menteri luar negeri Inggris David Milliband dan jajarannya dari Swedia, Carl Bildt mengeluarkan pernyataan-bersama menyebut bahwa pembicaraan itu adalah bagi kepentingan terbaik Uni Eropa. Namun kedua mengemukakan kecemasan bahwa pasukan Rusia masih belum sepenuhnya ditarik ke posisi seperti sebelum konflik terjadi. Kedua menteri menyatakan dukungan mereka kepada keutuhan wilayah Georgia.

Menteri luar negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan negaranya menghendaki hubungan dekat yang tahan lama dengan Uni Eropa sebagai mitra strategis.

Perdana menteri Georgia Grigol Mgalobishvili mengatakan bahwa kembali ke hubungan seperti biasa dengan Rusia akan mendorong Moskow melanjutkan tindakan agresif terhadap Georgia dan Eropa Timur.

XS
SM
MD
LG