Tautan-tautan Akses

Rakyat AS Memilih Presiden Baru Hari ini untuk Gantikan Presiden Bush


Rakyat Amerika memilih presiden baru hari ini untuk menggantikan Presiden George Bush, yang telah memimpin negara selama hampir 8 tahun.

Calon presiden dari partai Demokrat Barack Obama dan John McCain dari partai Republik sudah berkampanye hampir dua tahun untuk dipilih dan memangku jabatan tanggal 20 Januari yang akan datang.

Kalau Obama terpilih, ia akan menjadi presiden pertama Amerika dari keturunan Afrika. Kalau McCain terpilih, ia akan menjadi orang paling tua terpilih untuk masa jabatan pertama, dan calon wakilnya Sarah Palin akan menjadi wakil presiden perempuan pertama Amerika Serikat.

Senator Obama telah berkampanye dengan janji akan memperbaiki ekonomi dan menurunkan pajak bagi sebagian besar warga Amerika. Ia mengatakan negara membutuhkan perubahan besar setelah pemerintahan Bush yang tidak populer.

Senator McCain mengatakan pengalamannya yang bertahun-tahun membuatnya calon terbaik dalam soal keamanan nasional. Ia juga mengemukakan strateginya yang mengandalkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan lapangan pekerjaan untuk mengembalikan ekonomi pada rel-nya.

Angket pendapat umum yang terbaru menunjukkan Obama sedang unggul beberapa poin atas McCain. Angket tersebut juga menunjukkan partai Demokrat akan menambah kursinya dalam kedua majelis Kongres.

XS
SM
MD
LG