Tautan-tautan Akses

Partai Politik Zimbabwe Adakan Pembicaraan Pembagian Jabatan


Partai-partai politik utama Zimbabwe akan mengadakan pembicaraan pekan ini mengenai pembagian jabatan kabinet dalam pemerintahan persatuan yang baru.

Para pejabat dari partai Zanu-PF presiden Robert Mugabe dan oposisi Gerakan Perubahan Demokrasi mengatakan para perunding dapat mengambil keputusan mengenai pembagian jabatan pemerintah sedini hari ini.

Hari Senin, Mugabe memberikan sebagian kekuasaannya untuk pertama kalinya dalam 28 tahun ia berkuasa, dengan menanda-tangani persetujuan pembagian kekuasaan dengan Tsvangirai dan pemimpin faksi oposisi yang lebih kecil. Menurut persetujuan itu, Tsvangirai akan menjadi perdana menteri, sementara Mugabe akan tetap sebagai presiden dan memimpin rapat kabinet.

Persetujuan itu bertujuan untuk mengakhiri kemacetan politik selama berbulan-bulan dan serangan yang disponsori pemerintah terhadap para aktivis oposisi.

Dalam wawancara yang dimuat oleh suratkabar Inggris “Guardian” hari ini, Tsvangirai mengatakan beberapa dari anggota teras dari partai Mugabe dapat diadili atas tindak kekerasan.

XS
SM
MD
LG