Tautan-tautan Akses

Perundingan Pembagian Kekuasaan di Zimbabwe Dimulai Kembali


Pejabat kementrian luar negri Afrika Selatan mengatakan perundingan berbagi kekuasaan antara partai ZANU PF yang berkuasa di Zimbabwe dan faksi-faksi oposisi telah dimulai kembali hari Jumat.

Juru bicara kementrian luar negri mengatakan fasilitator dari Komunitas Pembangunan Afrika Selatan akan menjadi penengah pembicaraan itu hari ini di Afrika Selatan. Lokasi pembicaraan itu belum diumumkan.

Sebelumnya, Deputi Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Aziz Pahad mengemukakan semua pihak diperkirakan berpartisipasi dalam perundingan ini.

Media pemerintah Zimbabwe mengutip Menteri Kehakiman Patrick Chinamasa yang mengatakan ada kesepakatan yang menunggu untuk ditandatangani, dan karena itu pembahasan lebih lanjut tidak diperlukan.

Perundingan yang ditengahi Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki, macet dua pekan silam, sebelum tercapai suatu kesepakatan.

Zimbabwe telah mengumumkan negara itu mencabut larangan terhadap kelompok-kelompok bantuan internasional yang terlibat dalam pengiriman bahan pangan dan bantuan lain di negeri itu. Larangan tersebut diberlakukan awal tahun ini setelah pemerintah Mugabe menuduh kelompok-kelompok itu mendukung oposisi.

XS
SM
MD
LG