Tautan-tautan Akses

29 Tewas dalam Serangkaian Ledakan di Kota Bangalore, India Selatan


Para Pejabat mengatakan, paling sedikit 29 orang tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka dalam serangkaian ledakan yang dikoordinasikan di kota Bangalore, India selatan.

Ledakan bom hari Sabtu terjadi di bagian kota tua Ahmedabad yang padat di negara bagian Gujarat. Para Pejabat mengatakan, paling sedikit 16 ledakan terjadi dalam waktu 90 menit, dengan satu bom dipasang di sebuah bis dan satu lagi di sepeda. Paling sedikit 2 rumah sakit juga menjadi sasaran.

Menteri Muda Dalam Negeri India, Shakeel Ahmed mengatakan ia terkejut sekali serangan itu terjadi meskipun pengamanan telah diperketat di kota-kota India sesudah terjadi beberapa ledakan hari Jum'at di Bangalore yang menewaskan satu orang dan melukai 6 lainnya.

Tidak ada yang menyatakan bertanggung jawab melakukan ledakan itu . Para Menteri Pemerintah hari Sabtu mengatakan, serangan tersebut dimaksudkan untuk mengacau negara, dengan menimbulkan ketegangan dalam masyarakat. Ledakan serupa yang terjadi di kota-kota lain di India dituduhkan dilakukan oleh kaum militan Islam.

Ahmedabad adalah ajang kerusuhan yang menimbulkan korban jiwa antara umat Hindu dan Muslim dalam tahun 2002, yang menewaskan paling sedikit seribu orang.

XS
SM
MD
LG