Tautan-tautan Akses

Obama di Paris untuk Bertemu dengan Presiden Perancis Nicholas Sarkozy


Calon Presiden Amerika Barack Obama meneruskan perlawatan Eropanya di Paris hari ini, dimana ia akan bertemu dengan Presiden Perancis Nicholas Sarkozy.

Kunjungan Obama di Perancis diperkirakan tidak seramai kunjungannya di Jerman dimana para pejabat mengatakan 200 ribu orang hadir untuk mendengar pidatonya di hadapan Menara Kemenangan Berlin.

Disana ia mengucapkan pidato resmi pertamanya dalam perlawatan internasional yang telah membawanya ke Timur Tengah, Afghanistan, dan Eropa.

Ia mengatakan dalam pidatonya tembok antara negara kaya dan miskin, ras, dan kelompok agama harus dilenyapkan. Ia meminta kepada warga Eropa dan Amerika untuk bekerja-sama mengalahkan terorisme. Ia juga menyerukan kepada Eropa agar bahu-membahu dengan Amerika Serikat untuk mewujutkan kestabilan di Afghanistan dan pengakhiran perang di Irak.

Saingan Obama dari partai Republik untuk menjadi presiden Amerika, John McCain, mengeritik pidato Berlin itu. Dalam kampnye hari Kamis di Ohio, McCain mengatakan ia ingin sekali berpidato di Jerman, tetapi sebagai presiden, bukan sebagai seorang calon.

Situs Internet kampanye McCain menuduh media mempunyai apa yang disebutnya "minat yang aneh" pada Obama.

XS
SM
MD
LG