Tautan-tautan Akses

Zannier: Misi PBB di Kosovo Berubah Drastis dalam Beberapa Bulan Terakhir


Kepala administratur PBB di Kosovo, Lamberto Zannier mengatakan kedudukannya di sana telah berubah secara fundamental dalam beberapa bulan terakhir.

Hari Jumat ia menjelaskan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa baik pemerintah Kosovo maupun penduduk suku Serbia di sana telah menantang kemampuan administrasinya dalam melaksanakan tugasnya.

Setelah mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia bulan Februari lalu, katanya, pemerintah Kosovo berusaha mengambil semua fungsi pemerintahan. Namun suku Serbia yang minoritas tetap berkeras hanya berurusan dengan pejabat-pejabat administrasi PBB. Zannier menggantikan Joachim Ruecker dari Jerman sebagai administratur PBB di Kosovo bulan Juni.

Pekan lalu Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon meminta Zannier me-restrukturisasi administrasi PBB di Kosovo dan bekerjasama dengan misi baru Uni Eropa di sana.

Menteri luar negeri Serbia, Vuk Jeremic mengukuhkan lagi penolakan negaranya terhadap kemerdekaan Kosovo dan mengecam rencana restrukturisasi itu.

Menteri luar negeri Kosovo, Skender Hyseni menekankan tekad pemerintahnya membangun hubungan baik dengan negara-negara tetangga maupun juga dengan suku Serbia di Kosovo.

XS
SM
MD
LG