Tautan-tautan Akses

Pasukan Keamanan Serbia Tangkap Mantan Pemimpin Serbia Bosnia, Radovan Karadzic


Pasukan keamanan Serbia telah menangkap mantan pemimpin Serbia Bosnia, tersangka kejahatan perang Radovan Karadzic, salah seorang yang paling dicari di dunia.

Kantor Presiden Boris Tadic mengumumkan bahwa Karadzic ditangkap Senin malam dalam penggerebekan dan dibawa ke Mahkamah Kejahatan Perang Serbia di Beograd. Para pejabat mengatakan dia telah sejak lama diamat-amati.

Hakim penyelidikan Milan Dilparic mengatakan hari ini dia telah menanyai mantan pemimpin Serbia Bosnia itu – langkah pertama dalam proses untuk mengekstradisi Karadzic ke Mahkamah Kejahatan Perang PBB di Den Haag.

Mahkamah Den Haag mendakwa Karadzic dengan tuduhan pembantaian, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan kekejaman lain.

Pengacara Karadzic membantah keterangan pemerintah mengenai penangkapan itu, dengan mengklaim Karadzic ditangkap dalam bis hari Jumat, lalu ditahan secara tidak sah dalam satu kamar.

Kaum Muslim Bosnia memenuhi jalan-jalan kota Sarajevo untuk merayakannya sementara berita itu menyebar Senin malam. Polisi dengan cepat dikerahkan untuk mencegah kerusuhan oleh kaum nasionalis yang masih memandang Karadzic sebagai pahlawan.

XS
SM
MD
LG