Tautan-tautan Akses

Mantan Jaksa Agung AS Berikan Keterangan Cara Interogasi Teroris


Mantan Jaksa Agung Amerika John Ashcroft memberikan keterangan di depan sidang dengar pendapat Kongres mengenai interogasi tersangka teroris, termasuk mereka yang disekap di Guantanamo.

Ashcroft mengatakan dalam sidang itu dalam pernyataan pembukaannya hari Kamis bahwa setelah serangan teroris 11 September pada tahun 2001, tujuan pemerintahan Bush adalah melakukan apa pun yang dapat dilakukan yang ada dalam kekuasaannya dan dalam batas-batas hukum untuk menjagar agar Amerika dan rakyatnya tidak lagi menjadi sasaran serangan teroris.

Ia mengatakan ia yakin AS telah memorak-porandakan sejumlah persekongkolan terorisme sejak serangan 11 September. Ia mengatakan ini menunjukkan bahwa beberapa, tetapi tidak semua cara yang digunakan oleh para petugas itu benar.

Benjamin Wittes, seorang analis masalah terorisme, mengatakan pada sidang itu bahwa Badan Intelijen Pusat Amerika, CIA, seperti halnya pihak militer, seharusnya memiliki daftar cara interogasi mereka sendiri yang telah disepakati. Ia mengatakan cara-cara ini seharusnya disetujui dulu oleh Kongres dan terbuka untuk diperdebatkan oleh masyarakat luas.

XS
SM
MD
LG